Call 089670591592 / BB 7582C360
creative

Menjahit Celana Pendek

Bagi para ibu, tentu menyenangkan bisa berkreasi untuk si buah hati, karena model dan motif sesuai selera dan anggaran baju anak pun menjadi lebih hemat. Kalau ada waktu luang di akhir minggu, ga ada salahnya nih dicoba..

 

Peralatan :
- Gunting
- Koran/kertas pola
- Penggaris
- Meteran
- Jarum Pentul
- Mesin jahit atau benang dan jarum (untuk yang menjahit dengan tangan)

Bahan :
- Kain katun/rayon
- Elastis

1. Siapkan kain yang dipilih. Tips : pilihlah kain katun/rayon karena nyaman dipakai dan mudah dijahit.

Kain katun motif boneka

2. Gambarlah pola celana diatas kertas koran/kertas khusus pola seperti dibawah ini. Untuk ukurannya silahkan disesuaikan dengan ukuran badan anda ya. Bagian yang perlu anda ukur adalah : lingkar pinggang dan lingkar paha.

Sematkan pola diatas kain dengan menggunakan jarum pentul. Lipat kain menjadi 4 lipatan dengan posisi 2 lipatan kain menghadap luar dan 2 lipatan kain menghadap kedalam.

Pola ditempelkan diatas kain dengan jarum pentul

3. Potong kain tadi sesuai pola sehingga menghasilkan empat bagian seperti dibawah ini.

empat potongan kain yang akan disatukan

4. Tumpuk setiap pasang potongan kain (jadi ada 2 pasang) dengan sisi bagian luar saling menempel (sehingga yang terlihat hanya kain bagian dalam, kemudian jahit bagian lengkungannya seperti dibawah.

Potongan kain yang telah disatukan

5. Supaya celana semakin unyu, anda bisa menambahkan kantong di bagian belakang atau samping. Kalau gambar dibawah ini memperlihatkan kantong yang dijahit dibagian belakang.

menjahit kantong celana

maka jadilah seperti ini, eng ing eng..

kantong yang sudah terjahit

6. Buka lipatan kain yang telah disatukan, maka akan terlihat seperti ini. Tumpuk kedua bagian kain yang sudah dijahit dengan sisi bagian luar saling menempel (sehingga yang terlihat hanya kain bagian dalam, kemudian jahit bagian lengkungannya seperti dibawah. Jahit satukan bagian samping (kanan dan kiri paha) dan bagian segitiga sama kaki (selangkangan). Lihat gambar dibawah.

7. Setelah semua bagian disatukan, sekarang lipat bagian ujung celana dua kali ke bagian dalam (agar rapi) kemudian jahit mengikuti lipatan.

 

Tampak dalam celana

Tips : agar serat-serat kain menjadi rapi dan celana lebih nyaman dipakai, anda bisa mengobras bagian lipatan-lipatan bagian celana yang disatukan.
8. Lipat bagian pinggang dua kali ke bagian dalam, kemudian jahit mengikuti lipatan. Sisakan sela-sela selebar 5 cm untuk masuknya elastis seperti gambar dibawah. Penting : lebar lipatan harus lebih besar dari lebar elastis yang akan dimasukkan ke bagian pinggang celana.

 

Sisakan sela-sela sekitar 5 cm yang tidak dijahit sebagai tempat masuk elastis

9. Sematkan peniti pada salah satu ujung elastis, kemudian masukkan ke sela-sela lipatan pinggang celana yang sudah disiapkan.

sematkan peniti pada salah satu ujung elastis untuk mempermudah memasukan elastis ke pinggang celana

Dorong terus elastis mengelilingi lipatan pinggang celana hingga kembali ke sela-sela tempat awal elastis dimasukkan.

Jahit kedua ujung elastis, ulangi beberapa kali agar elastis yang telah disatukan menjadi kuat dan tidak mudah rusak.

10. Setelah elastis disatukan dan dijahit, tutup bagian sela-sela selebar 5 cm yang tadi tersisa dengan jahitan mengikuti garis jahitan keliling pinggang. Maka celana anda akan tampak seperti ini.

Tampak celana setelah dimasukkan elastis di bagian pinggangnya

11. Langkah terakhir : agar bagian pinggang celana semakin rapi dan kuat, jahit bagian tengah lipatan pinggang yang sudah ber-elastis. Caranya tarik lipatan celana agar tidak berkerut kemudian jahit mengikuti keliling pinggang hingga kembali ke titik awal.

Menjahit bagian tengah elastis pinggang celana

12. Dan.. eng ing eng! Celana pendek kesukaan anda sudah jadi!

celana pendek kreasi anda

 

Celana kreasi sendiri ternyata tidak kalah bagusnya dengan yang dijual di toko. So, start creating!